Tahap pembelajaran STEM cukup banyak, dan anak perlu berpikir kompleks terkait permasalahan dalam pembelajaran STEM apalagi kalau mereka belum terbiasa berpikir kritis guru perlu memberikan pertanyaan pemantik yang dapat menjawab solusi dari permasalahan yang diberikan, pemanfaatan digital dan pembuatan produk juga menghabiskan waktu yang cukup lama, cukupkah dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan 2 jp? Apa bisa dilaksanakan beberapa kali pertemuan? Bagaimana penyusunan Modul Ajar Pembelajaran Mendalam?Apakah dalam 1 pertemuan itu hrus ada pemahaman materi, pemanfaatan digital? Atau pertemuan 1 cukup pemahaman mteri, pertemuan ke dua dengan media digital? Ini juga berkaitan dengan pemaksimalan asesmen, mohon penjelasannya🙏
Untuk pembelajaran STEM yang agak rumit dan membutuhkan waktu banyak, apakah efektif jika dilakukan dalam beberapa pertemuan dengan tahapan yang sudah direncanakan?
Kadang guru sudah merasa menerapkan proyek STEM, padahal mungkin baru sampai tahap praktik. Indikator apa yang menunjukkan bahwa proyek tersebut sudah mengintegrasikan unsur STEM dengan utuh?
Apa indikator bahwa kegiatan STEM telah membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa? terima kasih
Apakah berpikir kumputasional termasuk mengajarkan penalaran kritis yang sudah dibutuhkan diusia dini mereka…?
Apakah penerapan Canva AI bisa jadi langkah awal menuju pembelajaran berbasis proyek lintas disiplin (PBL-STEM)?
Tema: Mini Zoo
Kegiatan: Animals Exhibition
S: Para siswa menjelaskah karakteristik dan jenis hewan
T: Para siswa membuat kincir air untuk kolam air sederhana
E: Para siswa membuat display hewan 3 dimensi dari bubur kertas
M: Para siswa menghitung jumlah tiket masuk ke mini zoo
Tema : profesi
kegiatan mengunjungi kantor polisi
mengetahui mobil polisi
mengetahuiperalatannpolisi
menghitung benda bendayang ada di kntor polisi
mengenal baris berbaris
Jika harus memilih, konsep STEM mana yang paling penting dikenalkan lebih dulu di jenjan TK? Boleh dijelaskan mengapa
Bagaimana kita sebagai guru bisa memastikan bahwa dalam setiap proyek pembelajaran kreatif, semua empat poin STEM mendapatkan porsi yang seimbang, tidak hanya fokus pada satu atau dua bidang saja?